AKIN KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI THAILAND

06Jan2018

            Kompetisi antar perguruan tinggi kian ketat, termasuk kompetisi di tingkat global. Kini makin banyak perguruan tinggi (PT) asing yang masuk ke Indonesia begitu pula makin banyak pergurua tinggi di Indonesia yang berkolaborasi dan bermitra dengan PT di luar negeri. Direktur AKIN menuturkan bahwa tuntutan dunia kerja yang makin ketat dalam memilih SDM, tentunya menjadi cambuk dunia PT untuk bisa melahirkan lulusan yang memenuhi tuntutan kualifikasi dari dunia kerja.

               Selain untuk memenuhi pasar kerja di dalam negeri, kualifikasi lulusan perguruan tinggi kita tentunya juga harus disiapkan untuk bisa memenuhi tuntutan pada pasar global. Untuk itu, selain mencoba memahami dan mengerti tuntutan pasar kerja global, PT Indonesia dituntut mengetahui kinerja perguruan tinggi di luar negeri, sehingga tidak ketinggalan dalam menyiapkan SDM lulusannya yang bisa diterima di dunia kerja secara global.        

               Ia menegaskan bahwa menjalin kemitraan entah dalam bentuk MoU atau Letter of Intent (LOI) dengan perguruan tinggi asing, merupakan tuntutan yang tidak bisa dihindari atau diabaikan. Tentunya, harus dipilih perguruan tinggi asing yang benar-benar qualified, dan yang bisa memberikan keuntungan timbal balik. Kerjasama bisa antar perguruan tinggi perguruan tinggi negeri antar perguruan tinggi swasta, atau antara perguruan tinggi swasta dengan perguruan tinggi negeri tidak masalah.

Banyak keuntungan bisa dipetik dari kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri tersebut. Prinsipnya, working together be world class university. Hal ini dengan menyadari bahwa kualitas human capital atau SDM sangat penting dengan adanya global competitive dan knowledge based economy, maka kolaborasi internasional dengan memperluas networking atau jejarin mutlak diperlukan.

               Kerjasama Internasional dalam Bidang akademik dan penelitian dilakukan Akademi Kimia Industri Santo Paulus dengan dua perguruan tinggi di Thailand yaitu Huachiew University dan Bhurapa University. Memorandum of Understanding (MoU) ini ditandatangani oleh Direktur AKIN Herman Yoseph Sriyana,S.Pd.MT. dengan President Huachiew Chalermprakiet University dan President Bhurapa University pada tanggal 10 dan 13 Desember 2017 di Bangkok Thailand. Kerjasama Internasional ini difasilitasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) VI Jawa Tengah. Lingkup kerjasama ini meliputi pertukaran mahasiswa dan Dosen (exchanged students and lectures), Kerjasama riset dan publikasi (joint research and publication), kegiatan seminar ( seminar and conperence). Melalui kerjasama ini, 

               Direktur AKIN berharap melalui kerjasama dengan PT asing, perguruan tinggi kita dapat saling mempengaruhi dalam banyak hal, hingga ke peningkatan kualitas talen akademik, student, prestige teaching, riset, dan sumber daya lainnya. Dengan joint research, misalnya akan ada pengakuan internasional dan dapat mematenkan karya serta dapat digunakan di kalangan industri.